Tips Memulai Bisnis Sebagai Seorang Solopreneur

Dalam beberapa tahun terakhir ini,istilahsolopreneurmakinpopular di duniausaha. Solopreneurbisa didefinisikan sebagai seseorangyangmenjalani bisnis sendirian dengan memanfaatkankreativitasnyadanmau mengambil risiko.

Jenis pekerjaan ini mengalami perkembangan pesat,seperti dilaporkanMoney Inc.DiAmerikaSerikat saja,pekerjaindependentini jumlahnya sudah meningkat mencapai40jutaorang.

Bagaimana tidak,bisnis ini sangat diminati karenapadaumumnya seorangsolopreneurmemulaibisnis mereka secaraonline.Pekerjaan ini memungkinkanAndabisa bekerja dari dalam kamardengan seharian beradadidepanlayerkomputer atausmartphone.

Beberapa contohsolopreneurmisalnya seperti penulis lepas, took online,desainer grafis,perancangbusana,konsultan bisnis,fotografer, videographer, danberbagai jenis hal-hal kreatif lainnya.

Akantetapi menjadi seorangsolopreneurtidaklah mudah.Dibutuhkan pertimbangandanpersiapanagarbisnisyang Andajalankan bisa berkembang ke depannya.Berikut beberapatipsmemulai bisnissebagaisolopreneur.

1.Harus adabusiness plan yangjelas

Business planadalah kumpulanide yang Andasusun menjadi sebuah rencanadantujuan.Tetapkanvisidanmisi untuk membangun bisnisAndahinggatarget yang Andabuat itu bisa terpenuhi.Selainitu,dengan adanyabusiness planmaka apapunyang Andakerjakan jadi lebih terarah.

2.Jangan berhenti belajar

Jangan pernah merasa sudah cukup dengan ilmuyang Anda punya.Teruslah belajardanterbukauntuk mengembangkan diri.Coba belajar dariorang-orang yangsudah terlebih dahulu terjun kedunia solopreneur dansukses.Bertukar pengalaman adalah carayangtepat untuk memperluas jaringansambalbelajar.

3.Atur waktu dengan baik

Manajemen waktu adalah kunci dari menjalankan bisnis,apapun itu bidangnya.Manfaatkan waktusebaik mungkin untuk mengerjakan hal-halyangdianggap penting.Meski pekerjaan seorangsolopreneurtidak terikat waktu,namunAndatetap harus pandai membagi waktu.

4.Haruspunyatabungan

Bukankah menjadisolopreneur agarkita bisa mendapat uang?Kenapa harus menabung?”

MungkinAndaakan bertanya seperti itu.Namun dalam menjalankan usaha apapun, yang Namanyatabungan harus selalu ada.Ini berguna untuk memenuhi kebutuhan pribadidanbisnisAnda.DisarankanpulasupayaAndamemisahkan antara tabungan pribadidanbisnis.

5.Berbagi pekerjaan

Menjadisolopreneur jugabisa membuka lowongan kerja bagiorang lain.Dalam menjalankan bisnisyangmasih terbilang baru,meang tidak mungkin jikaAndaharus merekrut karyawan. Olehkarenaitu,ketika mendapat sebuah proyek besaryangtidak bisa diselesaikan sendiri,bagilah pekerjaantersebut.Saat ini banyak sekaliplatform yangmenjadi jembatan antara pemberijobdenganpara freelancerterbaik.

Kesimpulan

Memulai bisnis menjadi seorangsolopreneurbisa menjadi opsi terbaik bagi siapapunyangmerasadirinyapunyakreativitasdibidang tertentu.Syaratnya, Andaharus bisa mengelola waktu denganbaik,mengelola pendapatandantentunya bisa berkomunikasi dengan baik untuk memperluasjaringan.

Tags: