Tips Memulai Bisnis Sebagai Seorang Solopreneur

Dalam beberapa tahun terakhir ini, istilah solopreneur makin popular di dunia usaha. Solopreneur bisa didefinisikan sebagai seseorang yang menjalani bisnis sendirian dengan memanfaatkankreativitasnya dan mau mengambil risiko.

Jenis pekerjaan ini mengalami perkembangan pesat, seperti dilaporkan Money Inc. Di Amerika Serikat saja, pekerja independent ini jumlahnya sudah meningkat mencapai 40 juta orang.

Bagaimana tidak, bisnis ini sangat diminati karena pada umumnya seorang solopreneur memulaibisnis mereka secara online. Pekerjaan ini memungkinkan Anda bisa bekerja dari dalam kamardengan seharian berada di depan layer komputer atau smartphone.

Beberapa contoh solopreneur misalnya seperti penulis lepas, took online, desainer grafis, perancangbusana, konsultan bisnis, fotografer, videographer, dan berbagai jenis hal-hal kreatif lainnya.

Akan tetapi menjadi seorang solopreneur tidaklah mudah. Dibutuhkan pertimbangan dan persiapanagar bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang ke depannya. Berikut beberapa tips memulai bisnissebagai solopreneur.

1. Harus ada business plan yang jelas

Business plan adalah kumpulan ide yang Anda susun menjadi sebuah rencana dan tujuan. Tetapkanvisi dan misi untuk membangun bisnis Anda hingga target yang Anda buat itu bisa terpenuhi. Selainitu, dengan adanya business plan maka apapun yang Anda kerjakan jadi lebih terarah.

2. Jangan berhenti belajar

Jangan pernah merasa sudah cukup dengan ilmu yang Anda punya. Teruslah belajar dan terbukauntuk mengembangkan diri. Coba belajar dari orang-orang yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia solopreneur dan sukses. Bertukar pengalaman adalah cara yang tepat untuk memperluas jaringansambal belajar.

3. Atur waktu dengan baik

Manajemen waktu adalah kunci dari menjalankan bisnis, apapun itu bidangnya. Manfaatkan waktusebaik mungkin untuk mengerjakan hal-hal yang dianggap penting. Meski pekerjaan seorangsolopreneur tidak terikat waktu, namun Anda tetap harus pandai membagi waktu.

4. Harus punya tabungan

Bukankah menjadi solopreneur agar kita bisa mendapat uang? Kenapa harus menabung?”

Mungkin Anda akan bertanya seperti itu. Namun dalam menjalankan usaha apapun, yang Namanya tabungan harus selalu ada. Ini berguna untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan bisnis Anda. Disarankan pula supaya Anda memisahkan antara tabungan pribadi dan bisnis.

5. Berbagi pekerjaan

Menjadi solopreneur juga bisa membuka lowongan kerja bagi orang lain. Dalam menjalankan bisnisyang masih terbilang baru, meang tidak mungkin jika Anda harus merekrut karyawan. Oleh karenaitu, ketika mendapat sebuah proyek besar yang tidak bisa diselesaikan sendiri, bagilah pekerjaantersebut. Saat ini banyak sekali platform yang menjadi jembatan antara pemberi job dengan para freelancer terbaik.

Kesimpulan

Memulai bisnis menjadi seorang solopreneur bisa menjadi opsi terbaik bagi siapapun yang merasadirinya punya kreativitas di bidang tertentu. Syaratnya, Anda harus bisa mengelola waktu denganbaik, mengelola pendapatan dan tentunya bisa berkomunikasi dengan baik untuk memperluasjaringan.

Leave a Comment