Menjalankan Bisnis dari Rumah dengan Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer merupakan salah satu cara paling efisien dan terjangkau untuk memulai bisnisatau pekerjaan dari rumah. Terutama jika Anda punya keterampilan yang bisa ditawarkan menjadilayanan jasa. Dalam beberapa kasus, ada freelancer yang menjalankan bisnisnya sendiri atauberwirausaha. Ada pula sebagian dari mereka yang dikontrak oleh sebuah bisnis.

Keuntungan terbesar dari menjadi freelancer adalah Anda berpeluang mendapatkan bayaran lebihbesar per jam. Akan tetapi, Anda harus memilih bidang yang tepat ketika menjadi freelancer. BagiAnda yang tertarik, berikut ini tips memulai bisnis di rumah sebagai freelancer.

Cara Memulai Sebagai Pekerja Lepas (Freelancer)

Sebagai aturan umum, freelancer biasanya bekerja mengatasnamakan diri Anda sendiri. Jadi Anda tidak perlu mendaftarkan izin khusus mendirikan perusahaan. Apa yang harus dilakukan di awalsebagai freelancer?

Promosikan diri Anda sekarang juga untuk mendapatkan klien. Ini tidak akan menghabiskan banyakwaktu atau biaya. Cukup manfaatkan media sosial atau platform yang mempertemukan pekerja lepasdengan klien.

Tidak sedikit freelancer yang membangun bisnis mereka dari mulut ke mulut. Misalnya klien A puasdengan pekerjaan Anda, maka dia akan merekomendasikannya kepada klien B. Begitu seterusnyasampai nama Anda dikenal lebih banyak orang.

Beberapa Contoh Pekerjaan Lepas

Di antara berbagai jenis pekerjaan, ada beberapa contoh pekerjaan lepas yang bisa Anda coba. Tetapi kembali lagi, yang Anda kerjakan harus sesuai dengan kemampuan. Apa saja contohnya?

1. Penulis lepas

Di tengah berkembangnya dunia digital dan visual, kebutuhan akan penulis terus meningkat. Menjadipenulis lepas bisa mencakup berbagai macam hal misalnya menulis artikel untuk blog, media online, mengarang cerita, menulis resume, copywriting, dan sebagainya. Intinya, kemampuan utama Anda adalah menulis, jadi maksimalkan kemampuan tersebut menjadi berbagai macam bentuk produk.

Modal awal yang Anda butuhkan untuk menjadi penulis lepas adalah komputer atau laptop dan aksesinternet. Selain mendapatkan uang, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah makin terlatihdalam penulisan.

2. Asisten Virtual

Mungkin Anda belum terlalu akrab dengan jenis pekerjaan ini. Namun freelancing sebagai asistenvirtual sedang banyak digemari oleh anak-anak muda. Peran asisten virtual ini seperti memberidukungan administratif untuk sebuah bisnis, namun Anda tidak perlu pergi ke kantor.

Tugas yang harus dilakukan antara lain mengirim email, mengatur jadwal, menjadi customer service, dan sebagainya. Jika Anda merasa punya kemampuan di bidang ini, cobalah pekerjaan lepassebagai asisten virtual.

3. Desain dan Pemrograman Web

Desainer web umumnya memang bekerja di sebuah perusahaan startup atau sejenisnya. Namunapabila Anda ingin mencoba mengembangkan diri, tidak ada salahnya membuka jasa desain dan pemrograman web.

Yang paling sederhana adalah membuat template CMS seperti Blogger, WordPress atau Joomla, lalumenjualnya. Umumnya harga template semacam itu bisa mencapai puluhan hingga ratusan dollar. Anda juga bisa menerima jasa pembuatan web dari perusahaan atau perorangan.

Itu dia bagaimana cara menjalankan bisnis dari rumah dengan menjadi seorang pekerja lepas ataufreelancer. Yang perlu digarisbawahi adalah Anda tidak bisa menjadi freelancer tanpa kemampuankhusus terhadap suatu hal. Selain tiga contoh di atas, ada banyak bidang yang juga bisa Anda coba, misalnya seperti internet marketer, admin media sosial dan sebagainya.

Leave a Comment