Memulai Bisnis? Wajib Paham Manajemen Strategi Bisnis

Manajemen strategi bisnis –pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat mengharuskan setiap perusahaan mengelola bisnis dengan tepat. Persaingan yang sangat ketat tersebut harus diimbangi dengan strategi bisnis yang tepat dalam pengelolaannya sehingga suatu bisnis dapat terus berkembang dan bertahan dalam persaingan. Strategi bisnis yang di maksud adalah strategi yang dapat mengelola antara tujuan perusahaan, peluang dan ancaman perusahaan serta mengelola sumber daya yang ada dalam perusahaan dengan baik untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Setiap perusahaan tentunya mempunyai tujuan untuk dapat tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut hanya dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan/laba perusahaan. Usaha ini hanya dapat dilakukan apabila perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualannya, melalui usaha mencari dan membina langganan, serta usaha menguasai pasar.

Anda bisa mencapai tujuan tersebut jika strategi pemasaranperusahaan anda dapat dilakukan secara tepat. Caranya yaitu dengan menggunakan kesempatan atau peluang yang ada di dalam strategi tersebut. Sehingga, posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat dipertahankan dan sekaligus ditingkatkan. Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.

Maka dari itu, penentuan strategi pemasaranharus berdasarkan analisis lingkungan dan internal dalam perusahaan tersebut. Hal tersebut juga dilihat dari analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisis kesempatan dan ancaman yang di hadapi perusahaan dari lingkungannya. Selain itu,  strategi pemasaran yang telah ditetapkan dan dijalankan, harus dinilai kembali dengan kesesuaian keadaan/kondisi saat ini.

Penilaian atau evaluasi ini menggunakan analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Hasil penilaian atau evaluasi ini digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah strategi yang dijalankan perlu diubah, sekaligus digunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan strategi yang akan dijalankan pada masa yang akan datang.

Peran Strategi Pemasaran Bisnis

Peran pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ketangan konsumen tetapi juga bagaimna produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai super, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif, serta mempertahakan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.

Strategi bisnis disebut juga strategi bersaing, meliputi tindakan tindakan ofensif ataupun defensive guna menciptakan posisi yang aman terhadap persaingan. Secara luas, ini mencakup sejumlah pendekatan seprti:

  1. Menempatkan perusahaan dalam posisi sedemikian hingga kemampuannya memberikan pertahanan yang terbaik untuk menghadapi rangkaian persaingan yang ada.
  2. Mempengaruhi keseimbangan kekuatan melalui gerakan strategis, dan karenanya memperbaiki posisi relatif perusahaan.

Mengantisipasi pergeseran pada faktor-faktor yang menjadi penyebab kekuatan persaingan dan menanggapinya, sehingga karenanya memanfaatkan perubahan dengan memilih strategi yang cocok dengan keseimbangan persaingan yang baru sebelum lawan menyadarinya.

Model manajemen strategis menjelaskan hubungan utama dalam proses manajemen strategis yang dapat mempermudah proses manajemen strategis. Model ini menampilkan tiga tahap proses yaitu perumusan strategis, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi, serta umpan balik dari tiap-tiap proses tersebut yang terdiri dari perumusan visi misi dan tujuan sebagai pembeda antara perusahaan satu dengan yang lain, dilanjutkan dengan analisis faktor internal dan eksternal perusahaan, dilanjutkan dengan penetapan tujuan jangka panjang perusahaan yang mana tujuan tersebut sebagai implementasi dari visi, misi dan tujuan perusahaan.

Tags: