Mau Investasi? Simak 4 Keuntungan Investasi Perak Berikut Ini

1 min read

investasi perak

Beberapa investor mulai tertarik untuk melakukan investasi perak. Salah satu alasannya karena perak memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan emas. Sehingga risiko yang ditimbulkan juga cenderung lebih kecil.

Jika Kamu sedang bingung mencari komoditas untuk melakukan investasi. Ada baiknya melirik perak sebagai referensi untuk investasi Kamu. Dengan berinvestasi perak, Kamu akan mendapatkan beberapa keunggulan sebagai berikut:

  1. Cocok untuk Pemula

Investasi perak sangat cocok dilakukan oleh seorang pemula. Apalagi jika Kamu mencari komoditas dengan harga murah yang memiliki risiko kecil.

Ada dua jenis perak yang dapat Kamu jadikan investasi. Pertama berbentuk batangan atau koin, dan kedua perak dalam bentuk perhiasan. Sama halnya dengan emas, perak batangan memiliki kemurnian yang lebih tinggi.

Semakin tinggi tingkat kemurnian perak, maka semakin menguntungkan juga untuk dijadikan investasi.

  1. Harga Tidak Fluktuatif

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa perak memiliki harga lebih rendah. Selain itu, bank-bank juga lebih fokus terhadap harga emas. Sehingga mereka tidak terlalu berminat dalam menstabilkan harga perak.

Perak cenderung dijadikan sebagai bahan produksi. Berbeda dengan emas yang lebih banyak diincar sebagai aset. Sehingga hal ini menyebabkan harga perak tidak terlalu fluktuatif.

  1. Memiliki Banyak Manfaat

Jangan salah ya. Meski tak setenar emas, perak ternyata sangat bermanfaat bagi industri. Perak bisa digunakan sebagai onderdil dari mesin kendaraan maupun diolah menjadi kawat.

Bahkan perak juga dilirik banyak perusahaan tertentu untuk diolah menjadi gigi perak, jam tangan, hingga perhiasan. Jadi Kamu tidak perlu takut perak yang Kamu investasikan tidak laku. Sebab perak banyak dibutuhkan oleh industri tertentu.

Selain itu jumlah perak juga terbatas. Sehingga harga perak cenderung mengalami kenaikan yang lebih signifikan. Jumlah perak yang terbatas disebabkan oleh penggalian dan pengolahan yang dibatasi.

  1. Harga Tidak Dapat Dimanipulasi

Tidak seperti emas, harga perak tidak dapat dimanipulasi. Lagipula harga perak sudah murah sehingga jika ada pihak yang ingin memanipulasi harga bisa lebih mudah diketahui.

Hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui harga perak adalah mengeceknya di pasaran. Dengan begitu Kamu tidak akan bisa tertipu oleh pihak yang ingin membeli komoditasmu tersebut.

Apa Saja Jenis Investasi Perak?

Jangan terburu-buru untuk melakukan investasi sebelum memahami jenis investasi perak berikut ini:

  • Berinvestasi di Perusahaan Perak

Sebagian besar perak dijadikan sebagai hasil tambang sampingan oleh mayoritas perusahaan. Jika memang mampu, Kamu bisa melakukan investasi di perusahaan penggalian dan pengolahan perak.

Namun risiko yang ditimbulkan bisa saja muncul dari golongan para pekerja. Biasanya ada aksi mogok kerja yang menyebabkan kinerja perusahaan menjadi menurun. Tentu ini akan berpengaruh bagi investasi Kamu.

  • Investasi Berjangka

Dengan memilih jenis investasi berjangka, Kamu tidak perlu repot menyimpan dan merawat perak. Namun, Kamu harus belajar banyak sebelum memilih jenis investasi ini. Sebab risiko yang ditimbulkan juga lebih besar.

Sebagaimana investasi pada umumnya, semakin besar risikonya maka keuntungan yang akan didapat juga akan semakin menggiurkan. Asalkan Kamu sudah memahami dengan baik langkah apa saja yang perlu Kamu lakukan.

  • Perak Batangan atau Koin

Rekomendasi investasi perak berikutnya adalah berupa koin atau batangan. Ini sangat cocok bagi Kamu yang hanya memiliki dana dalam jumlah terbatas.

Di Indonesia, Kamu bisa membeli dua jenis perak ini di PT ANTAM. Namun ingat bahwa Kamu juga harus pandai merawat dan menyimpan perak agar warnanya tidak memudar.Itulah ulasan singkat mengenai 4 keuntungan investasi perak yang bisa Kamu peroleh. Jika Kamu memang ingin melakukan investasi komoditas dengan harga rendah, jenis investasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *