Begini Cara Mudah & Aman Investasi Saham Online

1 min read

investasi saham online

Dampak dari krisis global seperti saat ini ternyata juga dialami oleh banyak investor. Namun sejauh ini, saham masih menjadi pilihan investasi terbaik, khususnya investasi saham online.

Pembelian saham secara online lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan cara manual. Di sini saya akan menyusun beberapa langkah untuk membeli saham secara online. Cara ini cukup mudah dilakukan bahkan oleh para pemula.

Cara Mudah Beli Saham Online yang Aman

Berpikir investasi bukan sekadar bagaimana mendapatkan keuntungan, tapi juga keamanan dalam jangka panjang. Berikut cara investasi saham online yang mudah dan aman:

`1. Memilih Sekuritas Saham

Dalam memilih, pastikan sekuritas yang kamu pilih adalah tepat dan membuat kamu nyaman. Akan lebih baik lagi jika sekuritas atau perusahaan yang kamu pilih sudah memiliki aplikasi online.

Selanjutnya kamu bisa menginstal aplikasi online dari sekuritas yang kamu pilih. Seperti apa itu sekuritas yang tepat? Sekuritas yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Membuat Akun Saham

Masuk aplikasi online yang sudah kamu unduh lalu ikuti setiap proses pendaftarannya. Cantumkan semua informasi yang diminta untuk membuat akun saham.

Biasanya informasi yang diminta adalah seputar data diri seperti nama, email, nomor ponsel dan lainnya. Setelah semuanya lengkap kamu akan memiliki akun dan selanjutnya buatlah Rekening Dana Nasabah.

2. Membuat Rekening Dana Nasabah (RDN)

Pada umumnya RDN juga bisa dibuat secara online melalui perusahaan sekuritas yang telah dipilih. RDN ini diperlukan supaya kamu bisa melakukan transaksi di Pasar Modal.

Seperti halnya membuat akun, kamu juga wajib melampirkan dokumen tertentu ketika buka rekening saham online. Nantinya RDN akan kamu butuhkan ketika bertransaksi jual beli saham.

3. Setor Dana RDN

Seperti halnya tabungan, RDN yang kamu miliki juga harus diisi melalui sekuritas supaya bisa difungsikan. Pengisian ini merupakan cara supaya kamu bisa membeli saham di sekuritas.

Untuk membeli kamu bisa transfer dana melalui ATM, mobile banking atau dompet digital. Transfer berhasil dan itu artinya kamu sudah bisa melakukan transaksi saham.

4. Membeli Saham

Langkah pembelian saham melalui aplikasi online:

  • Tentukan saham yang diinginkan lalu pilih dan beli. Biasanya minimal pembelian saham yaitu 1 lot atau 1 lembar. Pastikan juga untuk selalu mengingat kode saham dan pelajari informasi saham yang dipilih.
  • Kamu bisa menentukan sendiri harga pembelian saham saat melakukan order. Penawaran harga ini bisa kamu lihat melalui bid dan offer untuk melihat harga penjualan.
  • Supaya mendapatkan saham yang lebih efektif, pasang di harga offer terendah dan samakan dengan harga beli.
  • Pemasangan order kamu akan mengikuti prioritas harga dan waktu.

5. Menjual Saham

Bid dan offer dalam aplikasi saham online tetap harus diperhatikan ketika menjual saham. Mau tahu cara menjual saham? Berikut caranya:

  • Masuk aplikasi dan pilih saham yang dimiliki. Tentukan jumlah lembar saham yang ingin dijual beserta harga jualnya.
  • Harga jual yang dipasang harus sesuai dengan nilai tertinggi pasar supaya keuntungan lebih tinggi dan transaksinya lebih cepat.

6. Analisis Saham

Sebuah sekuritas tentunya sudah menyediakan data lengkap tentang saham yang ada di aplikasi saham. Seperti corp action, financial, profil, technical dan keterangan lain yang terkait dengan saham tersebut.

Pelajari informasi tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga kamu tidak salah memilih saham.Investasi saham online terbukti memiliki likuiditas yang tinggi dan mudah dilakukan. Investasi di instrumen saham ini akan memberikan keuntungan dari selisih harga jual dan beli.