Awal Bisnis? Harus Tau Peran Riset dalam Keputusan Pemasaran Bisnis Fisik

Pemasaran bisnis fisik – saat ini telah banyak perusahaan yang menyadari pentingya melakukan riset. Sebab, dengan melakukan riset perusahaan dapat memperoleh informasi yang sesuai dengan fakta yang sesungguhnya (fakta lapangan). Pada umumnya keputusan-keputusan bisnis mempunyai dampak yang sangat besar dan luas. Sehingga, beberapa keputusan yang didasarkan atas hal-hal yang bersifat non-fakta akan berisiko.

Maka dari itu, jika pemilik bisnis, terutama bisnis fisik memiliki cukup waktu dan dana, maka keputusan bisnis sebaiknya didasarkan atas fakta yang dilakukan dengan cara-cara riset yang benar. Misalnya saja suatu perusahaan yang memutuskan untuk membuat suatu produk, tentu perusahaan tersebut akan membutuhkan dana yang besar bukan saja untuk membuat dan memproduksikan produk, tetapi juga untuk memasarkannya. Nah, masalanya jika produk tersebut tidak laku di pasar, maka aka nada kerugian yang dialami oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sebelum sebuah produk dari bisnis atau perusahaan anda dipasarkan, maka perlu mengumpulkan informasi fakta-fakta tentang produk tersebut, juga riset untuk konsumennya sendiri.

Cara yang demikian itu dapat mengetahui apakah konsumen berminat dan sanggup untuk membeli produk tersebut. Jika dari hasil riset ternyata informasi yang dikumpulkan, bahwa daya tarik dan kesanggupan konsumen terhadap produk bernilai positif, maka anda bisa memproduksi dan menjual produk tersebut. Jika cara ini dilakukan secara baik, maka kemungkinan akan mengurangi kerugian yang besar.

Tujuan Riset dalam Pemasaran Bisnis

Riset dimaksudakn untuk memperoleh informasi yang didasarkan atas fakta yang diperlukan manajemen sebelum membuat keputusan. Selain itu, riset dapat juga digunakan untuk mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang telah dibuat apakah efektif atau tidak. Banyak permasalahan pemasaran dalam perusahaan yang perlu diputuskan. Sebelum memutuskannya, maka diperlukan riset untuk mendapatkan informasi terkait bisnis anda. Di siniliah peras riset pemasaran bisnis. Dengan kata lain riset pemasaran berperan menyediakan informasi kepada manajemen pemasaran untuk dapat memutuskan masalah-masalah pemasaran.

Kebutuhan akan riset dimulai dengan adalah sebuah permasalahan. Permasalahan dalam hal ini adalah permasalahan pemasaran yang mengharuskan manajemen membuat keputusan apa yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan tersebut. Agar membuat keputusan yang baik, diperlukan beberapa informasi. Di sinilah riset pemasaran berperan, yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan manajemen untuk membuat keputusan dalam menangani permasalahan-permasalahan pemasaran. Riset pemasaran tidak dimaksudkan untuk memberikan informasi yang sempurna. Riset pemasaran dimaksudkan untuk dapat memberikan gambaran tentang sesuatu sebelum keputusan dibuat. Diharapkan, dengan informasi ini keputusan yang dibuat akan lebih baik.

Peran Riset Pemasaran Bisnis

Untuk mengetahui bagaimana peran riset pemasaran bisnis, berikut merupakan hasil ilustrasi yang bisa anda terapkan dalam melakukan sebuah riset, sebelum melakukan bisnis. Misalnya, riset pemasaran diilustrasikan seperti seseorang yag hendak membeli kue dalam jumlah yang banyak dan sebelum memutuskan untuk membeli, ia mencicipinya terlebih dahulu, apakah kue tersebut enak atau tidak. Dengan lebih dahulu mencicipi, akan diperoleh informasi tentang rasa dari kue tersebut sehingga dia akan membuat keputusan yang lebih baik sebelum membeli.

Contoh lain dari peran riset pemasaran bisnis misalnya dapat diilustrasikan seseorang yang akan mandi di kolam air panas. sebelum hendak masuk ke dalam kolam tersebut, ada baiknya ia mencari informasi tentang suhu air panas dalam kolam tersebut. Atau bisa juga ia memasukkan jarinya untuk menkira-kira suhu panasnya, apakah panas sekali, sedang atau hangat. Jika ia tidak melakukan riset dengan mencari informasi, maka ia akan memperoleh konsekuensi yang bisa merugikan dirinya. Maka dari itu, pentingnya melakukan riset pemasaran diperlukan untuk memperkecil risiko manajemen membuat keputusan bisnis yang salah.

Leave a Comment