5 Tips Memilih Manajer Investasi Terbaik

1 min read

manajer investasi

Investasi reksadana memang sedang naik daun, semakin banyak yang tertarik menjadikannya media investasi jangka panjang. Alih-alih untung, ketika salah memilih manajer investasi  akan berdampak pada kesuksesan investasi reksadana. 

Manager ini merupakan perorangan atau perusahaan yang memiliki otoritas untuk pengelolaan investasi reksadana nasabah. Bukan sekedar mengelola tapi juga memastikan keamanan dana yang diinvestasikan, hingga mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Lantas bagaimana tips untuk memilih manajer yang tepat?

 

Terapkan 5 Tips Berikut, Untuk Dapatkan Manajer Investasi Terbaik

Kamu bisa melakukan lima tips yang berhubungan langsung dengan pemilihan manajer yang tepat. Jika salah, maka bukan saja dirugikan secara materil berupa uang tapi kamu juga akan rugi waktu ketika harus mengurus kasus kerugian di jalur hukum. 

  • Apa Tujuan Investasi Reksadana Mu?

Coba pastikan dulu apa tujuan kamu memilih investasi dana dengan reksadana. Apakah untuk penyimpanan uang dengan jangka waktu tertentu, atau mencari untung lewat saham.

Sebab manajer ini punya background yang berbeda-beda, ada yang sangat ahli membantu pengelolaan dana untuk saham. Ada juga yang hebat soal penyimpanan dana dalam bentuk deposito atau obligasi.

  • Pengalaman Kerja 

Pengalaman kerja dari manajer ini bisa dicek melalui prospektus rari reksadana yang kamu pilih. Biasanya akan didapat saat kamu mengunjungi sebuah perusahaan Manajer di bidang investasi. Disana akan terlihat  sudah berapa lama perusahaan berdiri dan bagaimana profesionalitas tim yang ada.

  • Kinerja

Ketika manajer investasi berhasil membuat grafik memuaskan, dari investasi yang dikelolanya dan itu berlaku stabil maka dia masuk kategori pilihan. Tapi kalau ada catatan buruk manajer investasi bermasalah yang dilayangkan oleh nasabah atau pemerintah maka pikir ulang untuk memilihnya.

  • Legalitas

Jaminan legalitas yang paling utama adalah masuk daftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, mereka sudah melalui proses survei dan memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah untuk perorangan atau perusahaan yang mengelola investasi reksadana dan sejenisnya.

Legalitas sangat penting, untuk meminimalisir kemungkinan Anda terjebak dalam penipuan yang bisa saja dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Hal itu sangat rentan terjadi, apalagi jika pemahaman tentang reksadana dan daftar manajer investasi OJK masih sangat minim.

  • Resiko dan Keuntungan

Kamu perlu melakukan riset penting untuk menemukan apakah ada resiko yang akan didapat, ketika memilih seorang atau perusahaan penyedia manajer di bidang investasi ini.

Lihat bagaimana reksadana nasabah disana bergerak dengan tren yang positif, sehingga berimbas pada banyaknya keuntungan yang didapat. Ini bisa secara transparan terlihat pada profil perusahaan atau portofolio manajer tersebut.

 

Apa Sebenarnya Tugas Manajer Investasi

Masih bingung kenapa seorang manajer di bidang investasi itu penting? Coba cek tugas penting dari lembaga yang menyediakan jasa manajer tersebut, dengan gaji manajer investasi yang cukup fantastis ternyata tugasnya juga sangat riskan juga membantu nasabah seperti kamu.

  • Memberi Laporan Investasi

Yaitu melaporkan semua proses pengelolaan investasi nasabah, diantaranya berapa jumlah saham, berapa harga beli dan jualnya, serta prospek keuntungan yang bisa didapat.

  • Keputusan Menjual Instrumen Investasi

Mengambil keputusan tepat di saat yang tepat pula untuk menjual instrumen investasi,  agar keuntungan yang didapat bisa maksimal.

  • Kelola Aset Investasi

Dana yang disetor oleh nasabah, akan dikelola sesuai instrumen investasi yang dipilih. Contohnya dana si A dialokasikan untuk saham, pasar uang, atau jenis reksadana campuran. 

  • Keputusan Untuk Membeli Instrumen Investasi

Manajer ini juga akan menjadi penentu kapan instrumen investasi harus dibeli, agar upaya pengembangan investasi menguntungkan bisa terealisasi.

Jadi, posisi seseorang atau perusahaan manajer investasi sangat penting saat seseorang berinvestasi reksadana. Wajar jika kamu perlu upaya keras untuk memilih manajer yang tepat bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *