5 Bisnis Jual Produk Ramah Lingkungan yang Sedang Trend

Belakangan ini, bisnis produk ramah lingkungan sedang ramai dan menjadi trend di masyarakat. Ini tak lepas dari banyaknya kampanye menjaga lingkungan yang dilakukan oleh berbagai kalangan. Dampaknya, orang berbondong-bondong ingin membantu kampanye tersebut dengan membeli produk yang berlabel ramah lingkungan. Produk apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1.Sabun tanpa detergen

Limbah dari penggunaan detergen lama kelamaan bisa berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Sebagai solusinya, muncul produk sabun non-detergen yang fungsinya sama seperti sabun pada umumnya. Bahkan jika Anda bisa meraciknya sendiri, tentu ini akan menjadi nilai plus. 

Untuk pemasarannya bisa Anda lakukan di media sosial. Jangan lupa lakukan branding agar produk sabun non-detergen Anda mudah dikenali. Peluang bisnis ini sangatlah terbuka, karena di luar sana harga sabun non-detergen masih terbilang mahal.

2.Furnitur dari bahan daur ulang

Inspirasi lainnya adalah furnitur yang bahannya berasal dari produk daur ulang. Barang-barang bekas bisa berharga sangat mahal bila bisa diolah menjadi produk yang berkualitas. Selain itu, cara ini juga bisa meminimalkan sampah atau barang-barang bekas yang terbuang begitu saja.

Misalnya Anda punya ban mobil bekas, barang ini bisa disulap menjadi tempat duduk atau meja. Akan tetapi, bisnis yang satu ini memang perlu kreativitas yang tinggi.

3.Sedotan stainless

Muai banyak restoran atau café yang tidak lagi menggunakan sedotan plastik. Tujuannya tentu untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Sebagai gantinya, mereka menggunakan sedotan stainless yang dinilai ramah lingkungan. Sebab, sedotan ini tidak dibuang setelah dipakai, melainkan bisa dicuci dan digunakan kembali.

Biasanya dalam paket pembelian sedotan stainless juga ada sikat khusus untuk membersihkannya. Belakangan, bentuk dan motif sedotan stainless pun makin beragam. Harganya mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. 

4.Kosmetik dari bahan organik

Bisnis kosmetik merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan mati dimakan zaman. Namun jika Anda ingin berbeda dengan penjual kosmetik lainnya, cobalah jual kosmetik organik. Produknya bisa berupa sabun atau sampo.

Saat ini peminat kosmetik dari bahan organik cukup banyak dan meningkat signifikan. Pasalnya kosmetik organik dinilai mampu meminimalkan efek samping dan bisa digunakan oleh sembarang orang. Harga pasarnya pun lebih terjangkau.

5.Membuat pupuk kompos

Sejak SD kita diajarkan tentang apa itu pupuk kompos dan dari apa pupuk ini dibuat. Tetapi tidak banyak orang yang peduli tentang ini. Padahal pupuk kompos bisa mengurangi jumlah sampah, terutama sampah organik.

Ya, pupuk kompos terbuat dari sampah organik dan sangat ramah lingkungan. Meski kedengarannya sepele, namun pupuk kompos tetap mempunyai daya jual tinggi. Target pasarnya pun cukup luas, sehingga ada potensi mendapat keuntungan besar. 

Itu dia beberapa contoh bisnis menjual produk ramah lingkungan yang saat ini sedang booming. Yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang cocok dengan target pasar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment