3 Langkah Menjalani Pekerjaan Freelance Ghostwriting

Sebagai ghoswriter, sulit untuk menemukan pekerjaan di situs LinkedIn atau situs penyedia pekerjaan digital lainnya. Jadi, bagaimana cara bagi seorang penulis yang memiliki pekerjaan freelance sebagai ghostwriter bisa mendapatkan perhatian dari penerbit terkemuka? Menjadi ghoswriter atau pengarang untuk orang lain bisa menjadi karier yang menarik dan menguntungkan. Memang diperlukan kerja keras, tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan agar bisa mendapat perhatian lebih.

“Keuntungan Pekerjaan Freelance Ghostwriting”
Pekerjaan freelance ini tentu memiliki hambatan dan bukan tanpa kekurangan. Anda mungkin bertanya-tanya apakah pekerjaan ini benar-benar layak dan menguntungkan bagi si penulis? Gaji reguler, itu adalah satu hal yang pasti didapat seorang ghoswriter ketika sudah disewa oleh suatu perusahaan. Jika Anda bekerja di penerbit yang ingin menggunakan layanan Anda secara berkelanjutan, aliran pekerjaan yang datang tentu akan konsisten. Bandingkan dengan Anda harus membuat sebuah tulisan kemudian menjualnya kepada seseorang yang ingin membeli. Ini akan sangat membuang waktu jika Anda tidak dapat menemukan pembeli. Selain itu, ghostwriting juga membuka kesempatan jika Anda adalah orang baru di industri penerbitan. Ini dapat memberi Anda hal yang dibutuhkan setiap oleh setiap penulis baru, yaitu pengalaman. Untuk memulai karier sebagai ghostwriter, lakukan tiga langkah berikut ini.

1. Berpikir Sebelum Bertindak
Pikirkan apakah ini karier yang tepat untuk Anda. Tidak ada hal yang akan Anda dapatkan setelah menyelesaikan proyek, selain gaji. Tidak ada kepopuleran atau eksposur apabila tulisan Anda disukai publik.
Pastikan bersedia bekerja tanpa ada portofolio Anda di dalamnya. Yakinlah jika Anda mencoba mengklaim karya itu sebagai milik Anda, ini akan percuma, sampai Anda mengeluarkan karya sendiri.

2. Lakukan Penelitian
Tugas kedua adalah mau belajar dan terus meneliti apa yang harus Anda lakukan. Anda harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang apa yang diminta oleh klien. Idealnya, mereka hanya memberikan garis besar kepada Anda. Sehingga Anda harus tahu apakah itu sesuatu yang Anda kuasai atau tidak.

3. Mencari Peluang
Penting untuk tahu kira-kira di mana peluang menjadi ghostwriter berada. Selain dari penerbit, Anda juga bisa mencari peluang di situs web bisnis. Ini merupakan sumber yang baik, karena mereka biasanya menerbitkan buku-buku tentang bisnis. Cukup banyak dari perusahaan-perusahaan tersebut yang bisa menjadi sumber penghasilan berkelanjutan menjanjikan.

Penutup
Menjadi ghostwriter memang tak semudah menjadi freelance writer biasa. Dibutuhkan target klien khusus yang terkadang memang sulit dicari. Namun ketika sudah mendapatkan klien yang cocok dan mereka menyukai karya Anda, itu akan menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan.
Seperti kebanyakan pekerjaan freelance writer, menulis untuk orang lain adalah masalah mencari peluang di tempat yang tepat. Kumpulkan hasil-hasil tulisan Anda lengkap dengan resume terperinci. Dengan begitu pekerjaan lebih mudah datang