3 Cara Jualan Online Tanpa Modal dengan Potensi Keuntungan Besar

Kemudahan akses internet semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan banyak hal secara online. Salah satunya adalah berjualan, kegiatan yang umumnya dilakukan di toko, swalayan atau pasar. Namun keberadaan internet seolah menyediakan tempat untuk berjualan secara massif, begitu pula bagi pembeli.

Untuk berjualan secara konvensional, tentu ada modal yang dibutuhkan untuk pengadaan stok. Menariknya, dalam dunia jualan online ada cara yang memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa mengeluarkan modal.

Tanpa modal yang dimaksudkan di sini adalah Anda tidak perlu menyediakan produk untuk dijual. Tetapi, Anda tetap harus punya modal dasarnya yaitu konteksi internet dan gadget. Dengan begitu Anda bisa mengelola bisnis di mana saja dan kapan saja.

Lantas model bisnis seperti apa yang bisa dilakukan tanpa modal itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Membuka pre-order produk

Ingin membuat sebuah produk tapi tidak punya modal? Jangan khawatir, dengan sistem pre-order, maka modal awal Anda akan dibantu oleh para konsumen.

Misalnya Anda ingin membuat produk kaos dengan desain ilustrasi yang Anda buat. Buka media social Anda, lalu cari konsumen dengan menawarkan pre-order kaos tersebut. Kalau bisa jangan hanya satu desain saja. Buat beberapa desain agar calon konsumen punya lebih banyak pilihan.

Kemudian, cari penyalur produk untuk memproduksi kaos yang Anda desain. Bayar uang muka dari para konsumen yang melakukan pre-order. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan modal awal.

Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengatur tanggal pelunasan bagi semua konsumen yang memesan.

Bisnis ini kelihatannya mudah dan tidak berisiko, namun tidak sepenuhnya begitu. Bisnis tanpa modal yang satu ini tetap berisiko, terutama terhadap penipuan dari konsumen yang melakukan hit and run.

  1. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Cara menjual produk online tanpa modal yang kedua adalah dengan menjadi dropshipper atau reseller. Dua sistem bisnis ini bisa dibilang serupa tapi tak sama. Dropshipper dan reseller merupakan jenis bisnis dengan cara memasarkan produk milik orang lain. Soal harga, Anda bisa atur sendiri menyesuaikan dengan harga dari penjual aslinya.

Anda tidak perlu menyediakan barang untuk dijual. Biasanya, online shop yang membuka peluang dropship atau reseller juga menyediakan paket untuk promosi berupa foto-foto produk atau flyer.

Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih supplier barangnya. Pastikan mereka menjual produk yang kualitasnya baik agar Anda tidak mendapatkan complain dari konsumen.

  1. Jastip alias jasa titip

Ini merupakan model bisnis online yang sedang popular belakangan ini. Jika Anda punya hobi jalan-jalan dan ingin mendapatkan untung dari hobi tersebut, cobalah buka jasa titip. Ini bisanya dilakukan ketika Anda pergi ke luar daerah atau luar negeri, entah untuk jalan-jalan atau urusan pekerjaan.

Sistemnya mirip seperti pre-order, hanya saja kali ini Anda yang belanja dan mencarikan barang-barang titipan konsumen.

Untuk sistem pembayaran dan pelunasan bisa Anda atur sendiri sedemikian rupa agar meminimalkan konsumen yang hit and run. Kekurangan model bisnis ini adalah Anda harus turun ke lapangan sendiri dan pastinya harus sering jalan-jalan.

Itu dia tiga cara jualan online tanpa modal yang bisa Anda coba sendiri. Jika dilakukan secara serius, tidak menutup kemungkinan bisnis-bisnis tadi berpotensi memberikan untung yang besar.

Tags: